Etuzi Hijab Syari

Minggu / Tanggal Merah: Libur, Sabtu: 08:00 s/d 16:00, Senin - Jum'at: 08:00 s/d 17:00

TIPS BELANJA DAN MENEMUKAN BARANG YANG HALAL

Assalamualaikum Sisters Muslimah✨


Berbelanja merupakan kegiatan rutin yang dilakukan apabila kebutuhan rumah menipis ataupun sudah habis. Dengan berbelanja maka kita akan mencukupi kembali kebutuhan sehari-hari. Nantinya kebutuhan yang dibelanjakan ini akan berguna bagi kamu dan orang sekitar.


Ketika berbelanja kamu harus menerapkan sikap yang bijaksana yaa sist. Belanja lah sesuai kebutuhan dan kurangi belanja sesuai keinginan. Hal ini bertujuan agar kebutuhanmu tercukupi dan tidak membuatmu boros.


Sebagai muslimah, selain berbelanja dengan bijaksana. Kamu juga harus menemukan barang yang halal untuk mencukupi kebutuhanmu. Nah dibawah ini beberapa ulasan tentang bijaksana dalam berbelanja dan menemukan barang yang halal yaa sist…


1. Bijak dalam berbelanja

Poin utama ketika berbelanja kebutuhan adalah sikap yang bijaksana. Sebelum berbelanja sesuai keinginan, pastikan kamu sudah selesai berbelanja untuk kebutuhan yaa. Jika belanja untuk kebutuhan sudah terpenuhi, maka kamu boleh berbelanja keinginan dengan catatan tidak boleh boros dan pastikan keuanganmu tetap aman.

Selain itu, belanja yang bijaksana juga berarti harus meneliti ketika membeli sesuatu. Kamu harus mengetahui informasi kandungan bahan, masa kadaluarsa, asal produk dan lainnya. Jangan sampai produk yang kamu beli tidak memenuhi persyaratannya sesuai kebutuhamu. Lebih diperhatikan lagi ya sist ketika sedang berbelanja.


2. Pilih produk yang bersertifikat halal

Saat ini banyak produk dengan merek cukup terkenal yang berasal dari dalam negeri ataupun dari luar negerti. Nah sebelum membeli produk tersebut, kamu harus memperhatikan apakah produk tersebut sudah memiliki sertifitasi halal atau belum.

Sertifikasi halal sangat dibutuhkan seorang muslim saat ingin membeli sesuatu. Karena dalam ajaran Islam, seorang muslim diperintahkan untuk menggunakan barang yang halal dan toyyib, Halal berarti aman untuk dikonsumsi atau digunakan karena tidak mengandung sesuatu yang haram di dalamnya. Sedangkan toyyib berarti apabila menggunakan produk tersebut dapat mendatangkan kebaikan.

Dalam hukum Indonesia, ada UUD nomor 33 tahun 2014 yang berisi tentang jaminan produk halal yang menyebutkan bahwa setiap perusahaaan wajib mendaftarkan produknya untuk mendapatkan sertifikasi halal.

Dengan dilakukannya pemeriksaan laboratorium serta mengecek kandungan komposisi. Dalam UUD tersebut juga dideskripsikan tentang barang apa saja yang membututhkan sertifikasi halal. Secara umum, barang halal adalah yang tidak mengandung babi serta bebas dari kandungan alkohol.


3. Cara menentukan produk halal

Bagi seseorang yang beragama Islam, saat membeli produk harus mengutamakan kandungan halalnya yaa. Dalam setiap produk biasanya terdapat logo halal dari MUI dan komposisi dari bahannya. Contohnya, jika ada minuman dan makanan yang terdapat kandungan seperti alkohol, maka tidak akan ada logo halal dari MUI.

Selain makanan dan minuman, ternyata produk kosmetik dan obat-obatan juga perlu kamu perhatikan kandungannya ya. Jangan sampe kosmetik yang kamu gunakan dan obat yang kamu konsumsi mengandung bahan yang berbahaya.


4. Pilih online shop yang memiliki sertifikat halal

Saat ini, berbelanja tidak hanya dilakukan di offline store saja. Namun banyak juga yang beralih berbelanja di online shop. Apalagi jika kamu tidak memiliki banyak waktu luang, maka berbelanja di online shop bisa menjadi solusi paling efektif untuk memenuhi kebutuhanmu.

Tapi kamu harus memperhatikan kondisi produk yang akan kamu beli di online shop yaa sist. Pastikan produk tersebut sudah mendapat sertifikat halal dari MUI. Namun jika produk tersebut belum ada logo halal, sebaiknya kamu mencari produk sejenis yang sudah memiliki logo halal yaa.

Kamu juga bisa memanfaatkan fitur chat untuk menanyakan produk tersebut, termasuk menanyakan halal atau tidak.


5. Cek label halal di website MUI

Ada cara simple yang bisa kamu lakukan untuk mengecek apakah produk yang kamu inginkan halal atau tidak. Karena ada beberapa produk yang tidak mencantumkannya, apalagi jika produk tersebut berasal dari luar negeri.

Cara yang bisa kamu lakukan adalah mengecek produk tersebuti di website resmi MUI. Apabila sudah terdaftar halal, maka kamu bisa langsung membelinya. Namun jika belum terdaftar halal, kamu harus mengganti produk lain yang sejenis dengan produk yang kamu inginkan.


Jadi itu dia tips untuk berbelanja bijaksana dan memilih produk yang halal. Sebagai umat muslim, sudah sepatutnya kita memilih produk yang halal untuk digunakan ataupun dikonsumsi.


Semoga bermanfaat yaa Sisters Muslimah