Etuzi Hijab Syari

Minggu / Tanggal Merah: Libur, Sabtu: 08:00 s/d 16:00, Senin - Jum'at: 08:00 s/d 17:00

TIPS MEMBERSIHKAN NODA JAMUR PADA PAKAIAN

Assalamualaikum Sisters Muslimah✨


Terkadang saking lama nya baju tidak dipakai dan hanya disimpan di lemari saja, akhirnya lama-lama baju tersebut akan timbul jamur. Padahal jika dilihat bahannya masih bagus jadi sayang jika dibuang. Apalagi jika baju tersebut adalah baju kesayangan kamu.


Jika baju kesayanganmu berjamur karena jarang digunakan, kamu tidak perlu khawatir sist. Meskipun memang susah dibersihkan, tetapi kamu bisa mencoba beberapa tips dibawah ini lho. Penasaran bagaimana caranya?


1. Gunakan cuka putih

Ternyata cuka putih bisa kamu manfaatkan untuk membersihkan jamur pada pakaian. Tenang saja, cuka putih juga tidak akan merusak tekstur baju kesayanganmu. Caranya larutkan cuka dalam air hangat, lalu oleskan cuka pada bagian baju yang berjamur. Kemudian rendam baju selama 10-15 menit. Setelah itu kamu bisa mencucinya saat sudah memastikan jamur menghilang.


2. Pemutih untuk pakaian tidak berwarna

Pemutih juga bisa menjadi solusi kamu untuk menghilangkan jamur pada pakaian yang tidak berwarna. Meskipun pemutih mampu menghilangkan jamur pada bajumu. Namun kamu perlu hati-hati menggunakannya, karena pemutih memiliki bahan yang cukup keras sehingga dapat merusak serat. Sebaiknya perhatikan label baju untuk mengetahui takaran penggunaan pemutih yang tepat yaa.


3. Cuci baju yang sudah jamuran dalam temperatur tinggi

Biasanya jamur dapat tumbuh di tempat yang lembab dan hangat. Namun jamur tidak bisa hidup dalam suhu yang sangat panas. Untuk itu kamu bisa mencoba mencuci baju dengan air yang cukup panas. Tetapi sebelum melakukan cara satu ini, pastikan sudah cek label pakaian ya. Campurkan air panas dengan deterjen untuk mencuci baju yang jamuran.


4. Gunakan bubuk boraks sebelum mencuci baju

Tips selanjutnya, kamu bisa menggunakan boraks untuk menghilangkan jamur pada baju. Gunakan boraks sebelum mencuci dan ikutin instruksi pada kemasan. Untuk mendapatkan boraks, kamu bisa mengunjungi toko bahan kimia. Rendam baju pada larutan boraks, setelah itu cuci bersih baju seperti biasa.


5. Perawatan baju agar tidak jamuran

Baju yang berjamur biasanya karena faktor lemari yang lembab. Selain itu, bisa juga karena baju tidak disimpan dengan baik. Setelah mencuci hingga bersih, kamu harus menjemurnya langsung hingga kering. Karena baju basah yang disimpan terlalu lama dapat menimbulkan jamur. Untuk lemari, kamu juga bisa menggunakan kapur barus agar tidak lembab.


Nah itu dia beberapa cara yang bisa kamu terapkan untuk membersihkan bajumu dari jamur, mudah dilakukan bukan?


Semoga bermanfaat yaa Sisters Muslimah