Etuzi Hijab Syari

Minggu / Tanggal Merah: Libur, Sabtu: 08:00 s/d 16:00, Senin - Jum'at: 08:00 s/d 17:00

TIPS MEMILIH GAMIS ANAK YANG NYAMAN

Assalamualaikum Sisters Muslimah✨


Menutup aurat itu sangat diperintahkan dalam agama Islam, baik bagi laki-laki ataupun perempuan. Untuk itu pentingnya kita sebagai orang tua memberikan pemahaman mengenai menutup aurat.


Ajarkan anak kita tentang pentingnya menutup aurat sejak kecil yaa sist. Agar ketika dewasa ia tumbuh menjadi pribadi yang lebih baik.


Jika berbicara menutup aurat maka tidak akan jauh dari pembahasan pakaian yang tepat yaa sist. Karena dengan pakaian kita bisa menutup aurat dengan baik. Untuk itu kamu bisa membiasakan si kecil untuk menggunakan gamis sedini mungkin.


Karena biasanya anak itu tidak nyaman menggunakan gamis, kamu harus tau beberapa tips yang bisa membuat anak menjadi nyaman mengguanakan gamis. Yuk simak tips dibawah ini sist..


1. Pilih bahan yang nyaman

Poin utama dalam memilih gamis untuk anak adalah pemilihan bahan. Karena kulit anak itu cenderung sensitif, makan kamu bisa memilih bahan yang lembut, nyaman dan mampu menyerap keringat dengan baik. Kamu juga harus memilih bahan yang tidak membuat alergi pada kulit si kecil. Nah bahan yang biasanya digunakan itu kain katun, rayon, linen atau baby kanvas. Sebaiknya hindari bahan yang kaku dan bikin gerah yaa sist seperti bahan tile.


2. Pilih gamis yang sesuai dengan karakter anak

Dalam memilih pakaian anak, kamu juga harus menyesuaikan dengan karakter anak yaaa sist. Karena karakter anak itu ada yang aktif dan yang tidak terlalu aktif. Untuk anak yang aktif dan cenderung sering bergerak, sebaiknya pilih gamis anak yang memilih potongan lebar yaa sist agar tidak menghambat aktifitasnya. Hindari gamis yang terlalu banyak hiasan, karena hiasan tersebut bisa hilang saat anak beraktivitas. Untuk anak yang cenderung tidak terlalu aktif atau kalem, kamu bisa memilih gamis dengan potongan lurus dan beberan hiasan seperti pita ataupun manik-manik.


3. Sesuaikan motif dengan fungsi gamis

Dalam memilih gamis anak motifnya sangat beragam, mulai dari motif yang simple hingga motif yang sesuai dengan karakter kartun kesukaan anak. Warna yang disediakan juga biasanya sangat beragam yaa sist. Ketika anak menggunakan gamis, sebaiknya sesuaikan lagi dengan aktifitas anak yaa sist. Jika ingin gamis yang memiliki banyak warna, pastikan gamis tersebut digunakan untuk sehari-hari seperti pergi mengaji ataupun sedekar dirumah. Namun jika ingin pergi ke acara yang lebih formal, pilihlah gamis dengan motif yang lebih simple dan warna yang ke arah kalem namun tetap menunjukkan kesan lucu khas anak-anak.


4. Gunakan ukuran yang tepat

Untuk memilih ukuran, pastikan sesuai dengan tubuh anak yaa sist. Hindari gamis yang kepanjangan ataupun kependekan. Karena jika terlalu panjang, bisa jadi menghambat anak dalam beraktifitas. Sedangkan gamis yang kependekan tentunya akan kurang bagus jika diliat.


5. Pilih gamis yang menyesuaikan keamanan serta kenyamanan

Pada dasarnya membuat gamis untuk anak memang mengunggulkan sisi kenyamanan serta keamanannya yaa. Salah satu contohnya penggunaan resleting pada gamis anak memiliki resiko dapat menjepit kulit, karena itu kamu harus memperhatikan bagian resleting ya sist. Atau kamu juga bisa memilih gamis yang memiliki kancing agar aman digunakan. Selain itu, hindari penggunaan gamis dengan bagian bawah rok yang terlalu panjang. Hal ini dapat membuat anak tersandung sehingga kurang nyaman dan aman saat digunakan anak.


Memilih gamis untuk anak memang tidak semudah memilih gamis untuk dewasa yaa sist. Karena anak itu memiliki kulit yang cenderung lebih sensitif, jadi kita harus menerapkan beberapa tips diatas agar anak tetap nyaman saat mulai memakai gamis.


Semoga bermanfaat yaa Sisters Muslimah