Etuzi Hijab Syari

Minggu / Tanggal Merah: Libur, Sabtu: 08:00 s/d 16:00, Senin - Jum'at: 08:00 s/d 17:00

TIPS MENCEGAH RAMBUT LEPEK KETIKA BERHIJAB

Assalamualaikum Sisters Muslimah✨


Ketika menggunakan hijab, bukan berarti kamu bisa menyepelekan rambutmu ya sist. Karena nyatanya pengguna hijab tetap harus merawat dengan baik rambutnya.


Kalau kamu menyepelekan perawatan rambutmu, bisa jadi timbul beragam masalah rambut. Seperti rambut rontok, berketombe, dan bahkan mudah lepek.


Saat menggunakan hijab memang rambut lebih mudah lepek, hal ini dikarenakan kulit kepala yang berkeringat tertutupi hijab sehingga sulit kering. Nah berikut ini beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk menghindari rambut lepek…


1. Rajin keramas

Tips yang paling utama adalah rajin melakukan keramas. Karena dengan keramas, keringat yang menempel pada rambutmu akan hilang dan rambut menjadi tidak mudah lepek. Kamu tidak perlu melakukan keramas setiap hari, namun kamu bisa membuat jadwal yang tepat seperti 2-3 kali dalam seminggu. Jika kamu keramas setiap hari, maka akan menghilangkan minyak alami yang ada di rambutmu. Hal ini tentunya akan menyebabkan masalah rambut lainnya, seperti rambut yang kering dan lebih rapuh.


2. Pilih shampoo yang tepat

Setiap shampoo pasti memiliki kandungan bahan yang berbeda. Untuk itu kamu harus memilih shampoo yang sesuai dengan jenis rambutmu. Kamu juga bisa menggunakan produk shampoo yang khusus hijab. Atau kamu juga bisa memilih shampoo dengan kandungan kondisioner sekaligus. Karena penggunaan kondisioner mampu menghilangkan minyak berlebih yang terdapat pada kulit kepala. Mulai sekarang kenali jenis rambutmu ya sist, supaya kamu bisa memilih produk shampoo yang tepat.


3. Keringkan rambut terlebih dahulu

Jangan menggunakan hijab ketika kondisi rambutmu masih basah. Karena akan menimbulkan bau tidak sedap dan lebih mudah lepek. Sebaiknya sebelum menggunakan hijab kamu harus mengeringkan terlebih dahulu rambutmu. Kamu bisa menggunakan hairdryer ataupun cukup dianginkan saja. Jika kamu ingin menggunakan hairdryer kamu bisa mengatur suhunya agar tidak terlalu panas. Karena suhu yang terlalu panas dapat merusak rambut dan membuatnya menjadi kering.


4. Jangan mengikat terlalu kencang

Bagi hijabers pemilik rambut panjang, pasti agak sedikit khawatir rambutnya keluar dari hijab ya sist. Tapi tenang aja, kamu bisa mengikat rambutmu agar tetap rapi. Namun jangan mengikatnya terlalu kencang yaa. Jika diikat terlalu kencang rambutmu akan menjadi rusak dan mudah rontok. Selain itu, kulit kepala pun akan merasa kertarik bahkan terasa sakit. Hal ini tentunya membuatmu tidak nyaman selama berhijab. Kamu bisa memilih ikat rambut scrunchie yang mampu meminimalisir kulit kepalamu dari rasa sakit.


5. Gunakan bahan hijab yang nyaman

Selain perawatan rambut, ternyata bahan hijab juga harus kamu perhatikan sist. Pilihlah bahan hijab yang adem, lembut dan pastinya menyerap keringat. Hal ini bertujuan agar membuat kulit kepalamu tidak mudah berkeringat. Kamu bisa memilih bahan hijab seperti katun, voal, ceruti dan masih banyak lagi.


Itu dia beberapa tips sederhana yang bisa kamu lakukan untuk menghindari rambut lepek saat berhijab. Caranya cukup mudah dan simple untuk kamu terapkan sehari-hari.


Semoga bermanfaat yaa Sisters Muslimah