Etuzi Hijab Syari

Minggu / Tanggal Merah: Libur, Sabtu: 08:00 s/d 16:00, Senin - Jum'at: 08:00 s/d 17:00

TIPS MENENTUKAN UKURAN BAJU SARIMBIT LEBARAN KELUARGA

Assalamualaikum Sisters Muslimah✨


Selain bahan, ukuran juga termasuk salah satu hal yang harus kamu perhatikan dengan baik yaa. Tak sedikit orang yang menjadikan salah ukuran sebagai ketakutan. Hal ini dikarenakan baju yang salah ukuran biasanya menjadi segan untuk digunakan.


Sebenarnya salah ukuran dalam memilih baju masih bisa diatasi, namun kamu harus mengeluarkan biaya lebih untuk memperbaikinya. Selain itu kamu harus rela membuang waktu untuk menunggu baju tersebut diperbaiki.


Supaya kamu tidak mengalami salah ukuran baju, kamu bisa mengatasinya dengan tips dibawah ini yaa sist…


1. Ketahui size chart masing-masing ukuran baju

Setiap merek atau toko biasanya menyediakan size chart yang berbeda-beda. Untuk itu kamu harus mengetahui terlebih dahulu size chart yang ditawarkan oleh merek atau toko tertentu. Selain size chart, kamu juga harus mengetahui konversi baju EU ke ukuran Indonesia begitupun sebaliknya. Hal ini bisa kamu lakukan jika memesan baju dari luar negeri yaa sist.


2. Gunakan pita meteran untuk mengukur

Biasanya merek dan toko baju menyediakan size chart yang terdiri dari panjang, lebar serta lingkar dada baju. Untuk itu kamu bisa menyesuaikannya dengan tubuhmu. Kamu bisa menggunakan pita meter lalu ukur lingkar dada beri toleransi 2-3cm. Lalu panjangkan meteran dari ujung pundak ke bawah pinggul untuk cek ukuran panjang baju, jika memilih gamis maka kamu bisa mengukurnya sampai mata kaki.


3. Kenali karakteristik bahan

Karakteristik bahan juga bisa kamu gunakan untuk menentukan ukuran baju. Jika sarimbit keluarga yang akan kamu gunakan berbahan rayon maka pilihlah yang agak besar ukurannya, karena bahan rayon cenderung mudah menyusut. Namun jika sarimbit keluarga berbahan polyester kamu bisa memilih ukuran yang lebih kecil karena biasanya bahan polyester akan sedikit melar setelah dicuci.


4. Pertimbangkan desain baju

Biasanya ada dua jenis baju yang bisa kamu temukan yaitu slim fit dan oversized. Model slim fit cendurung lebih sempit atau pas dibadan. Sedangkan model oversized memiliki ukuran yang lebih besar dan saat dipakai terkesan jumbo. Kedua ukuran ini bisa kamu sesuaikan dengan model baju yang kamu inginkan yaa.


5. Lihatlah contoh baju yang dikenakan model foto.

Cara terakhir yang bisa kamu lakukan adalah dengan menanyakan tinggi dan berat model yang digunakan merek atau toko tersebut. Hal ini dapat membantu kamu untuk mengira-ngira seperti apa ukuran bajunya ketika digunakan kamu. Lebih mudah lagi jika postur tubuh model hampir sama dengan postur tubuhmu.


Itu dia cara yang bisa kamu lakukan untuk memilih ukuran baju sarimbit keluarga.


Semoga bermanfaat yaa Sisters Muslimah