Etuzi Hijab Syari

Minggu / Tanggal Merah: Libur, Sabtu: 08:00 s/d 16:00, Senin - Jum'at: 08:00 s/d 17:00

TIPS MENGHINDARI JAMUR PADA LEMARI KAYU

Assalamualaikum Sisters Muslimah✨


Apakah kamu memiliki lemari dengan bahan kayu? Jika punya maka kamu membutuhkan beberapa perawatan khusus sist. Karena lemari kayu cenderung lebih mudah mengalami kerusakan, salah satunya adalah timbulnya jamur pada lemari.


Jamur pada lemari bisa muncul akibat kondisi lemari yang terlalu lembab sehingga sangat rentan ditumbuhi jamur. Jika lemari ditumbuhi jamur, maka akan merusak kualitas barang yang disimpan didalamnya.


Lalu apa yang bisa kamu lakukan untuk menghindari lemari yang berjamur? Gunakan tips dibawah ini yaa sist…


1. Lapisi lemari dengan pernis atau melamin

Cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan pemberian pernis atau melamin. Saat lemari dihinggapi oleh jamur, kamu bisa membersihkannya dengan kain kering. Lalu lapisi setiap sudut lemari kayu dengan pernis atau melamin. Cara satu ini bisa mematikan jamur dan mencegahnya tumbuh kembali.


2. Jangan biarkan lemari menempel pada dinding

Cara selanjutnya adalah perhatikan peletakan lemari kayumu. Hindari meletakkan lemari kaya yang terlalu menempel ke dinding. Karena dinding bisa menjadi dingin dan lembab saat memasuki musim hujan. Dinding yang lembab dapat membuat lemari mudah berjamur. Untuk itu perhatikan lagi letakan lemari kayumu yaa.


3. Letakkan kamper di dalam lemari

Cara paling sederhana adalah dengan meletakkan kamper di dalam lemari kayu. Selain mudah, kamper juga mudah kamu temukan. Kamper tidak hanya memberikan wangi pada bagian dalam lemari, tetapi kamper juga bisa mencegah pertumbuhan jamur pada lemari kayu. Bersihkan dulu bagian dalam lemari, lalu letakan beberapa kamper baru.


4. Olesi alkohol dengan kadar 70%

Ternyata alkohol bisa membantumu mengatasi permasalahan timbulnya jamur pada lemari. Cara satu ini terbilang cukup mudah lho. Kamu bisa menggunakan lap kering yang diberi alkohol pada bagian atasnya. Lalu lap semua permukaan lemari khususnya yang terkena jamur. Biarkan lemari hingga kering baru masukkan kembali barang yang disimpan ke dalam lemari kayu.


5. Gunakan penyerap kelembaban

Tips terakhir yang bisa kamu lakukan adalah memasang dehumidifier di dekat lemari untuk mengatur kelembaban udara. Menjaga kelembaban sangat penting untuk menghindari timbulnya jamur pada lemari kayu. Jika dehumidifier terlalu mahal, maka kamu bisa mencari produk lain yang beguna untuk menyerap kelembaban.


Nah itu dia beberapa cara agar lemari kayu tidak timbul jamur. Cara mana nih yang ingin kamu coba?


Semoga bermanfaat yaa Sisters Muslimah