Etuzi Hijab Syari

Minggu / Tanggal Merah: Libur, Sabtu: 08:00 s/d 16:00, Senin - Jum'at: 08:00 s/d 17:00

TIPS MENGURANGI KEBIASAAN INSOMNIA DALAM ISLAM

Assalamualaikum Sister Muslimah✨


Dalam Islam, segala tentang kehidupan sudah diatur dengan sebaik mungkin. Termasuk aturan saat kita hendak tidur. Adab tidur secara singkat antara lain membaca doa tidur dan surat-surat pendek, berwudu dan memerhatikan posisi tidur.


Sekarang ini ada istilah insomnia yang biasanya digunakan seseorang yang memiliki gangguan sulit tidur. Sebenarnya insomnia bukan hanya kondisi sulit tidur, tapi insomnia juga bisa diartikan sebagai kondisi seseorang yang kualitas tidurnya kurang.


Kondisi insomnia ini bisa dialami oleh semua umur, mulai dari balita hingga dewasa. Untuk itu kamu harus mengetahui cara agar terhindari dari insomnia. Dalam Islam, ada beberapa tips untuk mengatasi insomnia…


1. Membaca doa sebelum doa

Tips pertama yang harus kamu lakukan adalah membaca doa sebelum tidur. Salah satu sahabat Rasulullah SAW, Zaid bin Tsabit R.A pernah mengalami kondisi insomnia. Kisahnya terdapat dalam kitab Ibnus Sunni. Dalam kisah tersebut diceritakan bahwa Zaid bin Tsabit R.A mengalami insomnia kemudian menceritannya kepada Rasulullah SAW. 

Lalu Rasulullah SAW mengajari sebuah doa yang bertujuan mengusir gangguan sulit tidur, doanya sebagai berikut:

"Allahumma ghorotin nujuum, wa hadaatil 'uyuun, wa anta hayyul qoyyum, laa ta khudzuka sinatun wa laa naumu, ya hayuu ya qoyyum, ahdi laily wa anim 'ainy."

Artinya: "Ya Allah, bintang-bintang telah meredup, dan mata pun telah melemah, sedang Engkau Maha Hidup lagi tak bersandar kepada siapa pun. Engkau tidak pula mengantuk dan tidak pula tertidur, wahai dzat yang Maha hidup dan terus-menerus mengurus makhluk-makhluknya, tenangkanlah malamku dan pejamkanlah mataku."


2. Berwudu

Cara selanjutnya untuk terhindari dari gangguan insomnia adalah berwudhu. Ketika kamu berwudhu sebelum tidur maka akan memberikan efek menenangkan sehingga terhindari dari mimpi buruk dan mudah untuk tidur. Rasulullah SAW memiliki kebiasaan sebelum tidur yakin berwudhu terlebih dahulu. Perintah wudhu sebelum tidur Rasulullah SAW pernah menyampaikannya dalam sebuah hadist yang artinya, "Apabila engkau hendak mendatangi pembaringan (tidur), maka hendaklah berwudhu terlebih dahulu sebagaimana wudhumu untuk melakukan sholat." (HR. Al-Bukhari)


3. Tidur sebelum sholat isya

Penyebab gangguan insomnia yang kamu alami mungkin karena belum menunaikan kewajiban sholat isya. Maka dari itu sebelum tidur, ada baiknya kamu sudah melaksanakan sholat isya terlebih dahulu yaa sist. Abu Barzah pernah menyampaikan bahwa Rasulullah SAW tidak menyukai tidur yang dilakukan sebelum sholat isya dan bercakap-cakap setelahnya.


4. Membaca Surat Pendek

Terkadang ketika sulit tidur, pikiran pun ikut melayang memikirkan hal yang tidak bermanfaat. Daripada memikirkan hal yang tidak bermanfaat yang justru membuatmu semakin sulit tidur, sebaiknya kamu membaca surat pendek seperti Al-Ikhlas, Al-Falaq dan An-Nas. Jika membaca surat pendek, maka akan memberikan ketenangan batin, menjauhkan dari kegelisahan serta menghindari gangguan setan serta mimpi buruk. Sebagai mana Allah SWT berfirman dalam Al-quran surat Ar Rad ayat 28, yang artinya "Orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan berzikir (mengingat) Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tenteram."


5. Posisi saat tidur

Dalam Islam, posisi tidur yang baik juga diatur lho sist. Nah posisi yang baik itu membaringkan tubuh ke arah kanan (menghadap kiblat) saat tidur. Sebaiknya kamu menggunakan posisi ini ketika baru ingin tidur ya. Hindari posisi tidur tengkurap atau telungkup yaa. Karena posisi ini dianggap sebagai posisi tidut setan. Menurut medis pun, tidur tengkurap dapat membuat napas menjadi tidak lancar dan mengganggu kesehatan jantung.


Tips diatas mudah untuk kamu terapkan agar selalu terhindar dari insomnia. Karena apabila kebiasaan insomnia ini terus diulang, maka kesehatan tubuhmu akan terganggu.


Semoga bermanfaat yaa Sisters Muslimah