Etuzi Hijab Syari

Minggu / Tanggal Merah: Libur, Sabtu: 08:00 s/d 16:00, Senin - Jum'at: 08:00 s/d 17:00

TIPS MERAWAT BAJU SECOND SEBELUM DIGUNAKAN

Assalamualaikum Sisters Muslimah✨


Membeli baju second atau biasa dikenal dengan thrifting menjadi salah satu cara baru berbelanja baju dengan harga lebih murah. Ketika membeli baju thrifting kamu akan mendapatkan banyak baju dengan model yang kamu inginkan.


Namun karena baju thrifting ini tergolong baju second atau bekas, tentu saja kamu tidak bisa langsung memakainya. Kamu harus melakukan beberapa perawatan pada baju second sebelum kamu gunakan. Seperti apa cara merawatnya? Simak ulasannya dibawah ini yaa sist…


1. Rebus baju second

Setelah kamu mendapatkan baju second yang kamu inginkan, sebaiknya langsung rebus baju second tersebut dengan air panas. Hindari menaruh baju second dicampur dengan baju bersih lain. Merebus baju second dilakukan untuk membuat baju steril dari bakteri yang menempel. Untuk baju yang cukup tebal, rebus selama sepuluh menit. Namun untuk baju yang tipis, sebaiknya kurang dari sepuluh menit.


2. Gunakan larutan antiseptik dan deterjen

Setelah merebusnya, kamu bisa rendam baju dengan larutan antiseptik yang dicampurkan dengan deterjen. Hal ini bertujuan untuk membuat baju second benar-benar bersih dari bakteri yang menempel. Kamu bisa merendam selama 15 menit lalu kucek dengan menggunakan tangan. Dengan menggunakan tangan bersihnya akan lebih efektif dibanding menggunakan mesin cuci.


3. Rendam dengan pewangi pakaian

Biasanya baju second memiliki baju yang khas dan kurang sedap. Untuk menghilangkan bau yang masih menempel, kamu bisa merendamnya dengan pewangi pakaian setelah dicuci. Pilih pewangi pakaian yang memiliki wangi cukup kuat. Dengan penggunaan pewangi, maka baju bekas yang kamu miliki akan menjadi lebih harum saat akan digunakan.


4. Jemur baju di bawah sinar matahari langsung

Jika dirasa sudah cukup bersih dan wangi, kamu bisa menjemurnya di bawah sinar matahari langsung. walaupun cara ini tidak dianjurkan untuk pencucian baju biasa, namun untuk baju bekas kamu boleh melakukannya. Dengan menjemurnya dibawah sinar matahari langsung, baju akan lebih steril dari kuman. Angkat baju apabila sudah benar-benar kering agar tidak menimbulkan bau apek.


5. Setrika baju dengan suhu yang sesuai

Cara terakhir adalah menyetrikanya dengan suhu yang sesuai dengan bahan kain yang digunakan. Perhatikan lagi label perawatan pada baju jika ada ya. Untuk baju yang tebal, kamu bisa menyetrikanya dengan suhu tinggi untuk memaksimalkan sterilisasi. Namun untuk baju yang tipis, sebaiknya dengan suhu rendah saja ya agar tidak merusak serat kain.


Itu dia beberapa tips yang bisa kamu lakukan sebelum menggunakan baju second. Cara diatas harus kamu terapkan terlebih dahulu ya supaya terhindar dari iritasi atau dampak lain bakteri yang menempel pada baju second yang kamu miliki.


Semoga bermanfaat yaa Sisters Muslimah