Etuzi Hijab Syari

Minggu / Tanggal Merah: Libur, Sabtu: 08:00 s/d 16:00, Senin - Jum'at: 08:00 s/d 17:00

TIPS MERAWAT HIJAB PRINTING MU AGAR TETAP AWET DIGUNAKAN

Assalamualaikum Sisters Muslimah✨


Belakangan ini hijab printing menjadi hits dikalangan muslimah yaa sist. Terutama muslimah yang sudah bosan menggunakan hijab polos. Dengan adanya hijab printing, kamu akan menemukan look baru yang pastinya lebih fresh.


Poin terpenting dari penggunaan hijab printing adalah bagaimana cara kamu dalam merawatnya. Karena pada dasarnya hijab printing memang membutuhkan perawatan yang baik. Jika kamu merawatnya secara asal, maka bisa saja hijab printingmu mudah rusak.


Kamu punya beberapa koleksi hijab printing? Sudah yakin dengan perawatan yang kamu lakukan? Kalau kamu belum yakin dengan perawatan yang kamu lakukan, coba simak beberapa tips dibawah ini yaa sist..


1. Hindari mesin cuci

Tips pertama yang harus kamu perhatikan adalah bagaimana cara kamu dalam mencuci hijab printing. Sebaiknya kamu mencucinya dengan tangan secara perlahan dan berhati-hati yaa sist. Hindari penggunaan mesin cuci karena dapat merusak serat kain dan hasil printingnya. Jika terpaksa menggunakan mesin cuci, ubah pengaturan mesin cuci menjadi gentle yang khusus mencuci kain yang halus serta tipis. Kamu juga harus menghindari mesin spinner yaa. Karena mesin spinner dapat membuat motif printing menjadi melekat satu sama lain lalu kualitas printing akan menurun.


2. Gunakan detergen cair

Penggunaan detergen juga sangat berpengaruh lho sist. Daripada menggunakan detergen bubuk, lebih baik kamu menggunakan detergen cair yaa sist. Karena detergen cair mempunyai sifat yang lebih lembut pada kain, sehingga akan menjaga serat kain dan motif hijab printingmu dengan baik. Dengan detergen cair, sisa noda dan kerusakan pada kain tidak akan tertinggal di hijab printingmu.


3. Hindari sinar matahari langsung

Selesai mencuci dengan bersih, kamu bisa menjemur hijab printing pada tempat teduh dengan sedikit angin. Hindari menjemur pada terik matahari langsung karena warna pada hijab printing akan lebih cepat luntur.


4. Setrika dengan suhu tertentu

Bukan hanya mencuci dan menjemurnya saja yang diperhatikan ya sist. Tapi cara menyetrikanya pun harus tetap kamu perhatikan. Meskipun terkesan sederhana, namun menyetrika harus disesuaikan antara suhu dan jenis kainnya. Untuk hijab printing, lebih baik kamu menyetrikannya pada suhu yang sedang hingga rendah. Karena suhu yang terlalu panas mampu membuat lapisan printing terbakar dan warnanya akan memudar, sehingga kurang bagus jika digunakan.


5. Gantung pada hanger dan hindari penggunaan jarum pentul terlalu banyak

Saat menyimpah hijab printing, kamu harus menggantungnya di hanger agar mampu menjaga harus printing dari lekukan serta lipatan yang kurang bagus pada hijab printingmu. Lalu saat menggunakannya pun kamu juga harus berhati-hati. Terutama pada penggunaan jarum pentul, sebaiknya jangan menggunakan terlalu banyak yaa sist. Hal ini dapat merusak serat kain serta gambar printing yang ada pada hijab.


Beberapa tips diatas bisa kamu lakukan untuk menjaga hijab printingmu tetap terlihat bagus walaupun sering kamu gunakan.


Semoga bermanfaat yaa Sisters Muslimah