Etuzi Hijab Syari

Minggu / Tanggal Merah: Libur, Sabtu: 08:00 s/d 16:00, Senin - Jum'at: 08:00 s/d 17:00

TIPS MUDAH MENGATASI PAYET BAJU YANG COPOT

Assalamualaikum Sisters Muslimah✨


Ketika pergi ke acara formal tentunya outfit yang digunakan berbeda dengan biasanya. Contohnya saat menghadiri acara kondangan, pasti tak jarang kaum hawa menggunakan kebaya atau baju yang memiliki payet sebagai hiasan.


Menggunakan baju dengan payet tentunya memiliki resiko mudah terlepas yaa sist, apalagi jika tanpa sadar tersangkut benda lain. Untuk kamu yang ingin menggunakan baju berpayet, tetapi payetnya terlepas kamu bisa mengakalinya dengan cara dibawah ini yaa…


1. Gunakan lem sebagai solusi darurat

Cara pertama yang cukup mudah untuk kamu lakukan adalah gunakan lem sebagai solusi darurat ketika payet bajumu terlepas. Agar tidak merusak serat kain pada bajumu, sebaiknya gunakan lem kayu berwarna bening yang memiliki tekstur cukup kenyal ketika kering. Caranya, kamu bisa memberikan lem pada payet bajumu yang terlepas, lalu tekan pelan pada permukaan baju. Hindari lem super yang membuat rusak serat kain.


2. Double tape atau solasi bening

Solusi berikutnya adalah menggunakan double tape atau solasi bening. Cara ini cukup mudah dilakukan, pertama kamu bisa menyiapkan double tape atau solasi bening lalu rekatkan secukupnya pada bajumu. Lalu setelah itu kamu bisa menempelkan payet yang terlepas dan tekan sampai merekat kuat. Setelah selesai acara, kamu harus segera melepas double tape agar tidak berbekas pada baju.


3. Tutupi dengan bros

Cara selanjutnya adalah dengan menutupi payet yang lepas dengan bros. pilihlah bros yang memiliki warna senada dengan pakaian yang kamu gunakan. Tetapi cara satu ini hanya bisa dilakukan jika payet yang lepas dibagian tertentu saja ya seperti bagian depan, dada atapun pundah. Jika payet yang lepas dibagian yang tidak cocok dipakaikan bros, maka kamu bisa mencari cara alternatif yang lain yaa.


4. Jahit dengan benang dan jarum sebisanya

Menjahit payet memang membutuhkan keahlian khusus. Namun jika payet yang terlepas tidak terlalu banyak, kamu masih bisa untuk menjahitnya sendiri. Gunakan benang dan jarum lalu rekatkan lagi payet yang terlepas. Jika kamu kurang yakin untuk menjahitnya, kamu bisa melihat video tutorial terlebih dahulu yaa.


5. Gunakan cat kuku berwarna bening

Jika payet belum sepenuhnya terlepas dari bajumu, maka kamu bisa mengamankannya dengan menggunakan cat kuku bening. Caranya kamu bisa mengoleskan cat kuku pada benang payet. Lalu setelah itu rapihkan dan tunggu hingga cat kuku mengering. Cara ini memang cukup mudah untuk menahan benang dan payet untuk tetap menempel.


Itu dia cara yang bisa kamu lakukan jika payet pada bajumu terlepas.


Semoga bermanfaat yaa Sisters Muslimah