Etuzi Hijab Syari

Minggu / Tanggal Merah: Libur, Sabtu: 08:00 s/d 16:00, Senin - Jum'at: 08:00 s/d 17:00

TIPS SEDERHANA DALAM MERAWAT BAJU KOKO

Assalamualaikum Sisters Muslimah✨


Baju koko merupakan baju yang biasa digunakan laki-laki. Tidak seperti baju lainnya, baju koko hanya digunakan untuk acara-acara tertentu seperti beribadah, menghadiri acara keagamaan ataupun saat hari raya.


Meskipun tidak selalu digunakan, tetapi baju koko juga membutuhkan perawatan lebih agar selalu awet saat akan digunakan. Kamu memerlukan cara yang tepat untuk menjaga baju koko agar tidak mudah rusak dan waktu pemakaian lama.


Simak tipsnya dibawah ini yaa..

1. Pisahkan baju koko berwarna putih dengan baju lain

Baju berwarna putih sangat rentan terkena noda luntur baju lain. Untuk itu pisahkan baju berwarna putih dengan warna lain saat ingin mencucinya. Hal ini bertujuan untuk menghindari kelunturan yang mungkin saja terjadi pada baju koko berwarna putih. Jadi sebelum mencuci jangan lupa perhatikan lagi yaa.


2. Gunakan tangan untuk mencuci

Biasanya baju koko yang berbahan lembur pasti memerlukan perawatan khusus. Jika ingin mencucinya kamu tidak boleh melakukan secara sembarangan. Untuk menjaga tekstur kain agar tidak rusak, kamu harus menghindari mesin cuci yaa. kamu hanya perlu kucek bagian tertentu dan sebaiknya hindari menggunakan sikat yaa.


3. Gunakan pemutih dengan bahan ringan

Penggunaan pemutih yang terlalu sering dapat merusak serat kain dan membuat baju koko menjadi tipis. Kamu bisa menggunakan pemutih sesekali jika terdapat noda yang sulit untuk dibersihkan. Jika ingin menggunakan pemutih, kamu perlu memilih pemutih yang ramah lingkungan dengan bahan yang tidak terlalu keras.


4. Keringkan baju koko secara alami

Setelah selesai mencucinya, kamu harus menghindari penggunaan pengering. Karena penggunaan pengering mesin cuci dapat merusak tekstur pakaian jika sering digunakan. Sebaiknya kamu mengeringkannya secara alami. Tidak perlu dibawah sinar matahari langsung, cukup dijemur pada tempat teduh dengan bantuan angin maka sudah cukup.


5. Simpan baju koko dengan baik

Saat merawat baju bukan hanya dari cara mencuci dan mengeringkannya saja, tetapi kamu juga perlu perhatikan cara menyimpannya. Cara menyimpan baju koko yang tepat adalah dengan menggantungnya pada lemari dengan suhu sedang dan tidak lembab. Dengan digantung, maka akan membuat baju koko tetap rapi meskipun tidak digunakan. Tambahkan kapur barus untuk menjaga kondisi pakaian.


Itu dia beberapa cara mudah yang bisa kamu lakukan untuk menjaga baju koko agar tidak cepat rusak.


Semoga bermanfaat yaa Sisters Muslimah